Minggu, 15 Juni 2014

Analisis Tingkat Kepuasan Peserta Bimbingan Belajar Terhadap Kualitas Jasa pada Lembaga Bahasa dan Pendidikan Profesional LIA (LBPP LIA) Cabang Pakuan, Bogor


Perkembangan zaman yang semakin modern senantiasa mempengaruhi pola pikir manusia untuk dapat selalu berperan aktif mengikuti perkembangan tersebut agar mampu bertahan dan mengembangkan pola kehidupannya. Era globalisasi merupakan wujud nyata dari perkembangan yang terus terjadi tersebut. Era globalisasi menyebabkan peningkatan konsumsi kebutuhan manusia, bukan hanya kebutuhan akan sandang, pangan dan papan tetapi  juga mulai mengkonsumsi produk- produk jasa yang timbul dari kebutuhan untuk meningkatkan kualitas  kehidupan mereka. Yang termasuk dalam produk- produk jasa yaitu seperti jasa travel, penginapan, salon, bengkel, hiburan, komunikasi dan lembaga pendidikan. Diantara beberapa produk jasa tersebut lembaga pendidikan mempunyai pengaruh yang cukup besar dalam perkembangan perekonomian suatu Negara. Karena dengan  pendidikan diharapkan dapat menjadi pondasi yang mampu membangun Negara yang besar dengan segala aspek yang mendukungnya termasuk kemajuan teknologi.
Kemajuan teknologi dan globalisasi dewasa ini menjadikan hubungan antar Negara semakin bebas baik dalam hal politik, ekonomi, sosial dan budaya. Hal tersebut tidak akan terjadi tanpa dukungan komunikasi yang memadai diantara negara- negara di dunia. Untuk memudahkan dalam melakukan komunikasi tersebut adalah salah satunya dengan adanya bahasa internasional yaitu bahasa Inggris.   Sehingga Negara satu dengan yang lain dapat  menjalankan kerjasama, perdagangan, perjanjian dan kegiatan lainnya untuk kemajuan masing- masing Negara  tersebut.
          Kebutuhan akan komunikasi yang lancar di berbagai Negara di dunia menjadi alasan bagi para pebisnis untuk mendirikan lembaga pendidikan dan pengembangan bahasa Inggris, salah satunya yaitu LBPP LIA. Cara yang dilakukan mereka tidak hanya untuk mencari keuntungan pribadi saja melainkan juga dapat membantu pemerintah dalam meningkatkan kualitas pendidikan bahasa Inggris dengan melakukan terobosan baru melalui pembelajaran yang lebih akan bahasa inggris di luar sekolah, sehingga dapat membantu siswa dan siswi untuk mengembangkan pribadinya baik di dalam negeri maupun di luar negeri. 

Berdasarkan hasil pengujian hipotesis dalam dan perhitungan kuesioner pada penelitian, maka dapat ditarik beberapa kesimpulan sebagai berikut:
1.       Dengan menggunakan Skala Likert dapat diketahui Bahwa dari 19 item yang diukur, tingkat kepuasan peserta bimbingan belajar terletak pada interpretasi Setuju dan Sangat Setuju. Sehingga dapat disimpulkan bahwa faktor-faktor yang berpengaruh terhadap kepuasan peserta bimbingan belajar terdapat pada kelima dimensi atau variabel tersebut, yang diantaranya reliability, responsiveness, assurance, emphaty dan tangible.
2.       Diketahui pada dimensi/ variabel reliability diperoleh X2 hitung sebesar 104,99, dimensi/ variabel responsiveness diperoleh X2 hitung sebesar 106,10, dimensi/ variabel assurance diperoleh X2 hitung sebesar 164,68, dimensi/ variabel emphaty diperoleh X2 hitung sebesar 78,10 dan pada dimensi/ variabel tangible diperoleh X2 hitung sebesar 190,52. sementara X2 tabel berada pada angka 9,488 sehingga seluruh X2 hitung > dari X2 tabel yang menyatakan bahwa dimensi atau variabel tersebut mempunyai pengaruh yang besar terhadap kepuasan peserta bimbingan belajar LBPP LIA. Hal tersebut merupakan bukti nyata bahwa baik buruknya tingkat kualitas jasa dan pelayanan yang diberikan oleh LBPP LIA akan berpengaruh secara langsung pada tingkat kepuasan yang dirasakan oleh para peserta bimbingan belajar pada LBPP LIA itu sendiri.
3.       Berdasarkan tabel chi-square test, dapat diketahui bahwa telah diperoleh nilai X2 hitung untuk semua dimensi atau variabel pada penelitian ini sebesar 146,148. Kriteria dari pengujian yaitu Ho ditolak apabila nilai X2 hitung > X2 tabel dan Ho diterima apabila nilai X2 hitung < X2 tabel. Karena nilai X2 hitung (146,148)  >  X2 tabel (0,05;16) = 26,296, maka Ho ditolak dan Ha diterima yang menyatakan bahwa peserta bimbingan belajar merasa puas terhadap seluruh dimensi atau variabel pada LBPP LIA. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar