Minggu, 11 November 2012

Kualitas Pelayanan terhadap Loyalitas Pelanggan


Di era yang serba modern seperti sekarang ini, komunikasi merupakan suatu hal yang sangat penting terhadap kelangsungan hidup manusia. Bisa dibayangkan, jika manusia yang memiliki kepentingan terhadap rekannya yang berada dikejauhan tidak dapat berkomunikasi dengan proses yang cepat, pastinya setiap urusan yang mereka kerjakan akan mengalami suatu hambatan dikarenakan sulitnya untuk berkomunikasi dan mendapatkan informasi dari luar.
Content Provider, mungkin sudah tidak asing lagi bagi sebagian besar masyarakat yang memiliki alat komunikasi dan pencarian informasi melalui jaringan internet seperti, handphone (smartphone), komputer jinjing (laptop), atau yang lebih terbaru dan sangat di gandrungi masyarakat yaitu tablet (komputer layar sentuh). Beberapa alat-alat komunikasi tersebut sangat erat kaitannya dengan jasa penyedia layanan (Content Provider).
Perusahaan-perusahaan yang bergerak di bidang telekomunikasi ini saling berlomba-lomba menawarkan berbagai program promosi menarik dan paket layanan inovatif yang menjadikan produk selulernya unggul di pasaran. Setiap perusahaan pastinya memiliki kelebihan dan kekurangan dalam pandangan masyarakat. Dalam studi ini penulis mengambil satu sample perusahaan penyedia layanan telekomunikasi yaitu PT Indosat Tbk. Indosat didirikan pada tahun 1967 sebagai Perusahaan Modal Asing, dan memulai operasinya pada tahun 1969. Pada tahun 1980 Indosat menjadi Badan Usaha Milik Negara yang seluruh sahamnya dimiliki oleh Pemerintah Indonesia. Hingga sekarang, Indosat menyediakan layanan seluler, telekomunikasi internasional dan layanan satelit bagi penyelenggara layanan broadcasting. Perusahaan jasa layanan komunikasi ini lebih dikenal sebagai provider yang lebih mendekatkan target pasarannya kepada konsumen dengan usia remaja, seperti pelajar dan mahasiswa. Hal ini dapat dilihat dari berbagai promosi iklan dari Indosat yang lebih condong ke dunia remaja yang gemar menghabiskan sebagian besar waktunya untuk menjelajahi dunia internet dibandingkan konsumen lebih dewasa. Mengenai halnya kepuasan dan tingkat loyalitas pelanggan, indikator dari loyalitas pelanggan menurut Kotler & Keller (2006 ; 57) adalah Repeat Purchase (kesetiaan terhadap pembelian produk); Retention (Ketahanan terhadap pengaruh yang negatif mengenai perusahaan); Referalls (mereferensikan secara total esistensi perusahaan).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar